Rasakan Sensasi Ngebut Ala F1 dengan Mobil Radical di Sirkuit Mandalika Ba


Mataram - Beberapa mobil balap Radical SR3 XXR yang diproduksi perusahaan otomotif Inggris Radical Motorsport akan hadir mewarnai perhelatan MotoGP 2023 di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Direktur MGPA Priandhi Satria mengatakan Radical SR3 XXR melakukan tes drive di lintasan Sirkuit Mandalika.

"Populasi mobil balap Radical ini menjelma menjadi One-Make-Race (OMR) Radical Cup di 12 negara di seluruh dunia. Radical Cup akan menjadi tambahan program paket kegiatan balap di Sirkuit Mandalika setelah event MotoGP 2023," kata Priandhi dalam keterangannya, Minggu (8/10/2023).

Priandhi mengatakan PT ITDC dan MGPA menggandeng PT Nora Jelajah Dunia untuk menyelenggarakan Mandalika Racing Experience (MRE). Tujuannya, menyediakan akses bagi yang ingin merasakan sensasi balapan seperti pembalap F1 dengan mobil Radical.

"Kehadiran mobil balap Radical SR3 XXR di Sirkuit Mandalika akan menjadi paket kegiatan baru wisata balap di Sirkuit Mandalika," katanya.

Saat ini, paket wisata yang sudah ada di Sirkuit Mandalika antara lain, Track Walk atau mengelilingi Sirkuit Mandalika, Track Day Motor, Track Day Mobil, dan lainnya. Dengan hadirnya mobil balap Radical SR3 ini, maka paket wisata di Sirkuit Mandalika bertambah. Dikemas dalam program Mandalika Racing Experience.

"Saat ini satu unit mobil balap Radical SR3 XXR telah hadir perdana Indonesia dan siap mengaspal di lintasan Sirkuit Mandalika. Mobil buatan Inggris ini akan meramaikan arena ajang MotoGP Mandalika yang digelar pada 13-15 Oktober mendatang besok," beber Priandhi.

Menurut Priandhi mobil balap Radical SR3 XXR ini kali pertama hadir di Indonesia khususnya di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah. Mobil dengan mesin 1.340 CC itu, lanjut Priandhi, didatangkan secara bertahap ke Sirkuit Mandalika hingga akhir tahun ini.

"Ditargetkan pada tahun 2024 sekitar 25 unit mobil akan menjadi bagian arrive and drive Radical Experience di Sirkuit Mandalika," ujar Priandhi.

"Jadi meski kita tidak bisa setir mobil balapnya, duduk di kursi penumpang saja sudah dapat sensasi balapan," sambungnya.

Direktur Pengembangan ITDC Ema Widiastuti menambahkan kerja sama dengan PT NORA untuk mendatangkan kendaraan Radical ke KEK Mandalika merupakan bentuk mengembangkan pariwisata motor sport di Sirkuit Mandalika.

"ITDC mengharapkan adanya Mandalika Radical Experience sebagai tambahan atraksi dapat meningkatkan sport tourism atau wisata yang berbasiskan sport di KEK Mandalika, yang tentunya akan memberikan dampak peningkatan perekonomian setempat," katanya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Nora Jelajah Dunia Indonesia Mutiara Gita Maharani mengatakan seluruh mobil didatangkan langsung dari Inggris. Seluruh mobil akan akan dipajang kemudian akan menggeber lintasan Sirkuit Mandalika.

"Berkat dukungan mereka semua, kami mendapat kemudahan dan kelancaran dalam proses importasi kendaraan ke Sirkuit Mandalika," pungkas Gita.

Sumber : Detikbali, https://www.detik.com/bali/nusra/d-6971234/rasakan-sensasi-ngebut-ala-f1-dengan-mobil-radical-di-sirkuit-mandalika